Akuntabilitas Al-Qur’an

Aspek Aksiologis dari Falsafah Al-Qur'an


Meskipun agak dikesampingkan - atas nama obyektivitas - dalam awal proses penerapannya, Falsafah Al-Qur'an - sebagai sebuah ilmu dan bukan hanya sebagai sebuah prinsip-prinsip etis yang bersifat umum - pastilah ditujukan untuk membuktikan validitas Al-Qur'an secara ilmiah dan menghidupkan potensi internal Al-Qur'an itu sendiri (tidak dalam konteks metafisiknya) menghadapi perkembangan realitas.


Dalam sebuah diskusi tentang aspek-aspek keajaiban dalam Al-Qur'an yang dibawakan oleh Arkoûn, seorang islamolog kontemporer bernama Maxim Robinson menegaskan: "Bagaimanapun juga, Al-Qur'an tidak pernah sekalipun mengajak kepada bentuk keimanan yang buta, keimanan yang berlawanan dengan segala sesuatu yang diketahui sebagai kebenaran aksiomatis dan melawan segala bentuk refleksi rasionalis. (Arkoûn, 1996:216-217)

Pembuktian kebenaran Al-Qur'an (syari‘at) dilakukan - terutama - dengan meletakkan "dirinya sendiri" di atas meja penelitian yang terbuka untuk semua orang (publik, jumhûr). Bukan (hanya) dengan konteks metafisik dan keajaiban mukjizat material yang mencengangkan.

Mungkin tidak semua orang bisa meniliknya dari segi keindahan logika presentasi dan bahasanya. Apalagi kalau dia tidak lahir dalam tradisi bahasa Arab. Banyak juga yang hanya mampu meniliknya dengan memverifikasi validitas kontentumnya, baik yang termasuk di dalam tipikal hukum, maupun fakta sejarah dan isyarat-isyarat sainsnya.

Comments

  1. ya benar. karena tidak terima yesus sebagai juru selamatnya, jalan / alas menuju syurga

    ReplyDelete
  2. Asslamaualaikum wr wb, Untuk bang habib, semoga sehat selalu. amiinn.. barakallah fii umrik, Bang habib, boleh saya bersilaturahmi melalui telpon atau whatsapp, ada beberapa hal yang perlu kita bicarakan. kami tunggu di nomor 0856-996-8626.

    Wassalamu`alaikum wr.wb

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts

Responsive Seo Friendly Fast Loading Blogger Template

SEO Friendly Dan Fast Loading Blogger Template

Nabi Muhammad Adalah Cahaya

Falsafah AlQuran