• 30.8.15

    AlBayan AlQawim Li Tashhihil Ba'dul Mafahim Karya Ali Jum'ah

    JUDUL BUKU : AL-BAYAN AL-QOWIM LI TASHHIHI BA’DUL MAFAHIM
    PENGARANG : Dr. Ali Jum’ah (Mufti Negara Mesir)
    PENERBIT : DARUL SUNDUS LIT TUROTS AL-ISLAMY
    ALAMAT PENERBIT : JLN. SAID AD-DAWAKHILI- DEPAN MESJID AL-AZHAR, AL-HUSAIN TLP. 0123707026-0122592467-5897529
    DITERJEMAHKAN OLEH : MUHAMMAD HABIB EFFENDI

    MUQODIMAH


    Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam, shalawat dan salam semoga tercurah pada pimpinan para Rasul, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

    Mudah-mudahan buku ini bisa memperbaiki sedikit permasalahan dari sejumlah pertanyaan-pertanyaan yang terbersit dalam pemikiran banyak orang pada abad ke-14 hijrah ini.

    Buku ini memuat pertanyaan-pertanyaan. Ada yang dengan sengaja kami buat, dan ada yang tidak. Pertanyaan-pertanyaan yang bisa menjadi masalah dan rentan bisa memecah-belah umat Islam.

    Permasalahan suatu golongan yang menggembar-gemborkan bahwa pendapat mereka sajalah yang benar. Golongan lain yang berpendapat beda, adalah golongan orang-orang murtad, fasik, pembenci Rasul SAW., berkepala batu, arab badui, munafik, zindik, musyrik, atau paling tidak dicela sebagai golongan yang memudah-mudahkan perkara agama.

    Permasalahan yang kami muat dalam buku ini, adalah permasalahan yang telah membuat umat Islam resah. Meskipun para ulama masih memperdebatkan jawabannya. Dan setiap mazhab-mazhab memiliki dalilnya masing-masing.

    Dilain sisi, ada sekelompok orang yang berusaha mengungkit-ngungkit permasalahan fiqih pada zaman dahulu, sehingga permasalahan fiqih pada zaman sekarang menjadi sejuta masalah. Menurut aqal, apakah bisa kita tidak berbeda pendapat pada sepuluh ribu masalah fiqih saja, sedangkan setiap kita berupaya untuk memperkuat pendapatnya masing-masing. Hingga terkadang ada usaha-usaha yang tidak mengindahkan adab kesopanan, akibat dari kurangnya pemahaman ilmu fiqih yang benar dan juga akal yang sehat.
    Meluruskan Pemahaman Yang Salah Sehingga Menjadi Pemahaman Yang Benar
    Dalam buku ini, kami akan meluruskan pemahaman-pemahaman yang salah hingga menjadi pemahaman yang benar, menjelaskan dalil-dalil yang digunakan para ulama untuk menjawab semua permasalahan yang ada. Serta meyakinkan, bahwa asumsi semua permasalahan fiqih telah disepakati umat Islam, dan tidak ada perbedaan pendapat, adalah asumsi yang salah. Karena mengenai satu permasalahan fiqih saja, banyak ulama yang berbeda pendapat. Apalagi ulama-ulama yang berpendapat beda dengan pendapat jumhur.

    Melihat permasalahan ini, kita tidak boleh menjadikan perbedaan pendapat menjadi penyebab perpecahan diantara umat Islam, tapi hendaknya menjadi pemicu agar menjadi penyebab lebih dicintai Allah SWT., dan RasulNya.

    Semoga Allah SWT., menjadikan buku ini, buku yang bermanfaat untuk kita semua dan menghilangkan apa yang tidak jelas didalamnya.

    Kami berdoa memohon pada Allah SWT., dan juga berupaya semoga umat Islam menjadi umat yang bersatu-padu.

    motto kami adalah :

    "Wajar bila kita berbeda dalam berpendapat, dan tidaklah wajar bila kita satu pendapat"
    "Suatu mazhab tidaklah boleh menyalahkan mazhab yang lain "
    "Hasil ijtihad tidaklah menggugurkan ijtihad lainnya".


    Semoga Allah SWT., menjadikan buku ini sebagai pemberat timbangan kebaikan pada hari kiamat kelak.

    Pengarang



    Ali Jum’ah

    Habib Blog uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More info

    2 comments:

    Copyright © Habib Blog

    Promoted Link: Tafsir Sponsored By: Gratis Template By: MP3 Nasyid