Langsung ke konten utama

Refleksi Studi Al-Qur'an

Hakikat Teks Al-Quran

Teks sebagai teks itu sendiri adalah makhluq yang mati. Terlepas dari perdebatan berdarah yang pernah terjadi, Al-Qur'an sebagai sebuah "teks" juga harus diposisikan sebagai benda mati yang bisa difungsikan sesuai dengan tuntutan "konteks" yang melingkupi pembaca dan transformatornya (orang yang berupaya untuk mengadopsi "petunjuk-petunjuknya"). Karena itu, beragam corak dan aliran interpretasi yang pernah timbul juga disebabkan oleh kedudukan Al-Qur'an sebagai Kitab Suci, atau katakanlah yang disucikan oleh orang-orang yang bersaksi "bahwasanya tiada Tuhan selain Allah dan bahwasanya Muhammad adalah utusan-Nya".

Tingkat relevansi sebuah teks yang "mati" dengan berbagai konteks personal, ruang dan waktu itu banyak dipengaruhi oleh struktur dan sistematika teks, gaya bahasa, validitas kontentum dan prinsip-prinsip umum (al-mabâdi‘ al-‘âmmah) yang tercakup dalam teks itu. Atau dengan bahasa lain: ketahanan sebuah teks menghadapi seleksi alam berkorelasi erat dengan falsafah teks itu sendiri.


Dari sini, marilah kita mencoba menggali kembali secara arkeologis kisah sebuah teks transendental yang bernama Al-Qur'an ini [1], tanpa terlalu mengikat diri dengan peninggalan-peninggalan lama yang lazim kita kenal (mâ allafnâ ‘alayhi). Peninggalan-peninggalan lama yang mentradisi dalam kehidupan kita, hingga membuat kita - seakan - tidak bisa lagi menerima "hal yang lain". Isyarat-isyarat tentang peninggalan lama yang mentradisi - hingga diidentikkan dengan kebenaran aksiomatik - ini banyak kita dapatkan dalam Al-Qur'an, sebagaimana Allah SWT berkisah tentang para penganut ideologi ortodoks tersebut: "Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu ajaran ideologis dan sesungguhnya kami adalah pengikut jejak-jejak mereka". (QS. Al-Zukhruf: 23)

Berkaitan dengan kajian teks seperti yang sedang kita lakukan ini, Michél Foucault menyatakan: "Kita harus mempertanyakan kembali susunan-susunan tekstual yang sudah siap pakai ini, mengkaji kembali berbagai kesadaran kolektif sosial yang membuat kita menerimanya begitu saja tanpa mengaktifkan pemikiran yang kritis, dan meneliti ulang berbagai relasi yang kita terima sebagai entitas yang sudah ada begitu saja sejak awal mula". (Foucault, 1987: 22)

Dalam hal ini, ada beberapa fenomena (menurut pengertian yang untuk pertama kali di kedepankan oleh Immanuel Kant, [lihat Al-Khûlî(b), 2000: 131]) yang bisa kita jadikan sandaran awal tentang Falsafah Al-Qur'an ini.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kalau Tidak Karena Nabi Muhammad, Allah Tidak Akan Menciptakan Alam Semesta

PERTANYAAN:

APAKAH UNGKAPAN INI BENAR : "KALAU TIDAK KARENA NABI MUHAMMAD SAW,. ALLAH TIDAK AKAN MENCIPTAKAN ALAM SEMESTA"

APAKAH UNGKAPAN INI TIDAK BERTENTANGAN DENGAN DASAR-DASAR AQIDAH?

APA ARTI YANG SEBENARNYA?

JAWABAN:

Semua perkataan yang diucapkan oleh orang yang beriman hendaklah kita maknai dengan makna yang tidak bertentangan dengan asas-asas ketauhidan. Tidak sepantasnyalah kita tergesa-gesa menuduh mereka; kafir, fasik, sesat atau ahli bid’ah.

Jika agama Islam yang mereka anut tidak keluar dari koridor Al-Qur’an dan Hadits, tidak seharusnya kita maknai ucapan mereka dengan makna dhohir lafadznya, walaupun ada makna kekufuran atau kefasikan. Ini adalah kaidah umum yang seharusnya diaplikasikan oleh seorang muslim pada semua ucapan yang mereka dengar dari saudara mereka sesama muslim.

Kita ambil contoh misalnya : seorang muslim meyakini bahwa nabi Isa AS., menghidupkan orang yang telah mati dengan izin Allah, beliau tidak bisa melakukannya sendiri tapi dengan i…

Kehidupan Nabi Muhammad Setelah Wafatnya

Apakah Nabi Muhammad SAW Hidup Didalam Kuburnya?

Adakah Dampak Hidupnya Nabi Muhammad SAW Didalam Kuburnya Terhadap Kehidupan Kita Didunia Ini?


JAWABAN:

Untuk menjawab permasalahan ini kita harus menjelaskan istilah-istilah terlebih dahulu, karena banyak permasalahan bisa terselesaikan dengan menjelaskan istilah-istilahnya terlebih dahulu. Apabila yang dimaksud dengan hidupnya nabi SAW,. adalah beliau belum wafat dari kehidupan dunia, atau Allah SWT., belum mencabut nyawa beliau, maka ini adalah salah, dan bertentangan dengan nash Al-Qur’an.

Allah berfirman:
"Tidaklah Kami menjadikan manusia sebelummu kekal, apakah bila kamu wafat sedangkan mereka kekal"(Al-Anbiya : 34)

"Kamu akan wafat dan mereka pun akan wafat"(Az-Zumar : 30)

Memang Nabi SAW., telah wafat dari dunia ini, akan tetapi hubungan beliau dengan kita tidaklah terputus. Beliau hidup di kehidupan lain. Kehidupan para nabi. Kehidupan setelah mati.

Nabi SAW,. bersabda : "Hidupku baik untuk kamu, karena …

SEO Friendly Dan Fast Loading Blogger Template

Alhamdulillah Saya telah berhasil melakukan desain Template Blogspot Seo Friendly Dan Fastest Loading. yang Saya gunakan ini merupakan hasil desain dengan berbagai keterbatasan yang Saya miliki.

Script dasar dari template ini berasal dari template default blogger yang didesain ulang dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Saya mendesain template ini menjadi lebih cepat dan Seo Friendly Template dengan melakukan beberapa perubahan css, penambahan snippets dan fitur; diantaranya:

template tanpa gambar
css web save font lebih dari 5 jenis
pewarnaan untuk link, hover dan aktif
tombol home, next dan preview
tombol back to top
seo title
seo meta robots
seo breadcrumbs
popular post warna-warni
related post
threaded comments
highlight author
untuk mencoba theme ini, silahkan download disini

Kedua Orang Tua Rasulullah: Abdullah Bin Abdul Muthalib Dan Siti Aminah Penghuni Syurga

ADA YANG BERPENDAPAT BAHWA KEDUA ORANG TUA NABI SAW., MUSYRIK DAN BERADA DI DALAM NERAKA, BENARKAH PENDAPAT INI?

JAWABAN:
Telah kita ketahui bersama bahwa mencintai nabi SAW adalah ibadah yang paling baik, dan kita telah banyak berbicara mengenai hal itu. dalilnya adalah sabda Nabi SAW.,:
"Demi Allah yang jiwaku ada dalam genggamannya tidaklah kamu beriman hingga aku (Nabi Muhammad SAW.,) lebih ia cintai dari pada kedua orang tuanya, anak–anaknya atau yang lainnya" (HR.Ahmad asnad imam ahmad 3/177 HR.Bukhari,Shahih Bukhari 1/14)
Cinta seseorang akan hilang bila ia disakiti, demikian juga halnya bila kita mengatakan hal-hal yang jelek tentang kedua orang tua nabi SAW., maka beliau akan tersakiti, Allah berfirman :
"Dan mereka yang menyakiti Rasulullah akan mendapatkan azab yang pedih". ( At-Taubah 61 ). "Sesungguhnya orang–orang yang menyakiti Allah dan Rasulnya, akan mendapatkan laknat Allah di dunia dan akhirat, dan Allah akan menyiapkan untuk mereka azab yang…

Responsive Seo Friendly Fast Loading Blogger Template

Responsive blogger template bukanlah suatu keharusan karena Blogspot sudah menyediakan fitur Mobile Template dengan ekstensi /?m=1 diakhir url sebuah blog berplatform Blogspot apabila diakses menggunakan perangkat mobile. Namun tidak ada salahnya apabila template didesain menjadi responsive agar pengguna gadget seluler dapat mengakses seluruh fitur pada blog, yang biasanya menggunakan link Lihat versi web /?m=0.

Seo Friendly bagi sebuah blog merupakan suatu keharusan karena search engine melihat kualitas blog bukan hanya ditentukan oleh konten saja, dan begitu juga fast loading template menjadi salahsatu hal yang dapat menjadikan sebuah blog dianggap sebagai user friendly.


Menggabungkan Responsive, Seo Dan Fast TemplateFastest SEO Friendly Blogger Template V.05 ini dapat menjadi solusi terbaik karena menggabungkan Responsive Template, Seo Friendly Template Dan Fast Loading Template.

Template ini dibuat menggunakan Responsive Canvas Fast Loading Seo Friendly Template For Blogger denga…

One Column Seo Friendly Blogger Template

One Column Seo Friendly Blogger Template adalah sebuah template blogspot yang terdiri dari satu kolom pada setiap halamannya, baik pada halaman homepage, single page maupun static page.

Walau template blogspot ini terkesan sederhana, namun tidak mengurangi kualitas seo-nya. One Column Seo Friendly Blogger Template ini merupakan versi sederhana dari pendahulunya, yang memiliki keunikan dan fitur-fitur menarik.

Salahsatu keunggulan dari One Column Seo Friendly Blogger Template ini adalah; pengguna dapat menjadikan Adsense berukuran 728x90 piksel sebagai headernya.

Spesifikasi Template:

Ukuran lebar 728x90 pixelsClean, Simple And User Friendly Adsense On HeaderResponsiveSeo FriendlyAuthor BioSocial Network ButtonsGoogle Plus Comment ReadyCompact And Stylist Threaded Comment
SCREENSHOT


DEMO - DOWNLOAD - 2 Columns DOWNLOAD

Seo Friendly Blogger Template Fast Loading Blogspot Template

Setelah enam bulan Habib Blog Mencoba berkreasi dengan menyajikan template blogspot, maka terkumpullah Koleksi Lengkap Seo Friendly "Habib Blog" Blogger Template. Kumpulan Fast Loading Blogspot Template yang seo friendly ini dirancang dengan desain yang clean, fast and seo with user friendly features.

Berikut hasil karya saya yang telah saya buat dengan keterbatasan keterampilan dan kemampuan coding yang saya miliki:

Free Fastest Seo Friendly Blogspot Template - Download - 74.0KbFree Fastest Seo Friendly Blogspot Template V.00.5 - Download - 74.2KbFastest Seo Friendly Blogger Template V.01 - Download - 76.3KbFastest Seo Friendly Blogger Template V.02 - Download - 94.3KbFastest Seo Friendly Blogger Template V.03 - Download - 97.0KbFastest Seo Friendly Blogger Template V.04 - Download - 98.6KbFastest Seo Friendly Blogger Template V.04.5 - Download - 94.2KbFastest Seo Friendly Blogger Template V.04.6 - Download - 68.4Kb Fastest Seo Friendly Blogger Template V.04.7 - Download - …

Template Blogspot SEO Friendly Fast Loading

Template blog yang cepat dan seo menjadi idaman setiap blogger. Untuk itu, template Fastest SEO Friendly Blogger Template ini terus Saya coba kembangkan. Tentunya dengan keterbatasan pengetahuan koding yang Saya miliki :)

SEO Friendly Dan Fast Loading Blogger Template yang satu ini telah mengalami perubahan dan penambahan sedikit pada Template Blogspot Yang SEO Friendly Dan Fast Loading V.02 ini, diantaranya:

Penempatan javascript yang sedikit pada Homepage sehingga halaman beranda menjadi lebih cepat di loadPenggunaan CSS yang terkompress pada bagian Homepage agar blog menjadi cepat karena CSS MinifyPenggunaan ukuran gambar dengan height dan width sesuai sehingga browser dengan mudah menampilkannya.Penggunaan gambar dengan sidewide host server sehingga HTTP Request terhadap blogger menjadi kecil
Penambahan komponen blog sehingga menjadi SEO Friendly Template:
Recent Posts dan Recent Comments dengan Javascript yang terkompressPerubahan Menu Navigasi Home, Next dan Preview yang menarikP…

Nabi Muhammad Adalah Cahaya

Benarkah Nabi Muhammad Adalah Cahaya? Nabi Muhammad Adalah Cahaya, Penerang Dan Seorang Manusia Biasa Yang Lebih Baik Dari Semua Makhluk Ciptaan Allah.

PERTANYAAN: APAKAH NABI SAW., BENAR - BENAR CAHAYA, ATAU MANUSIA BIASA SEPERTI KITA SEBAGAIMANA YANG DIGAMBARKAN AL-QUR’AN?


JAWABAN: Benar, Nabi Muhammad SAW,. adalah cahaya, Allah berfirman : "Hai ahli kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak isi alkitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula yang) dibiarkan. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan "( Al-maidah : 15 ). 
Dan Allah berfirman : "Dan untuk jadi penyeru kepada agama Allah dengan izin-Nya , dan untuk menjadi cahaya yang menerangi" ( Al-ahzab : 46 ).
Beliau SAW., adalah cahaya dan penerang, maka tidaklah salah apabila anda mengatakan Nabi Muhammad SAW., adalah cahaya. Karena Allah Swt., telah menamai beliau dengan cahaya.  Dalam suatu riwayat para sahabat pernah berkata …

Fastest SEO Friendly Blogger Template V.01

Blog yang cepat dan seo friendly serta tampilan yang menarik tentu menjadi idaman bagi sebahagian blogger.
Template Blogspot Yang SEO Friendly Dan Fast Loading V.01 ini sudah menjadi suatu keharusan.

SEO Friendly Template berikut ini, adalah pengembangan dari template SEO Friendly Dan Fast Loading Blogger Template dengan beberapa penambahan fitur, diantaranya:

Thumbnail dan Excerpt (Summary) Tanpa JavascriptThree Columbs Footer Widget
DEMO | DOWNLOAD